Jalan-jalan ke Bandung yang Mengedukasi Anak

Mengajak anak-anak pergi untuk berlibur adalah hal yang paling menyenangkan di tengah kesibukan sekolah dan bekerja. Dikala sibuknya aktivitas sekolah anak, pasti mereka juga merasakan jenuh dan lelah. Oleh sebab itu kita sebagai orang tua harus peka tentang hal tersebut, dan kita juga harus pandai membuat suasana hati si anak kembali ceria dan bersemangat. Untuk membuat atau merefresh Suasana hati dan pikiran anak, kita bisa mengajak anak untuk pergi liburan alias berwisata. Tapi ingatlah untuk tetap menjaga kualitas liburan yang hendak kita berikan kepada si anak. Liburan itu bukanlah sesuatu yang harus mahal, atau bahkan keluar negeri danke tempat rekreasi yang terkenal di dunia. Kali ini kita bisa datang ke tempat wisata yang tidak hanya menghibur anak, tapi juga bisa membuat anak mendapatkan ilmu atau informasi. Dan berikut ini adalah daftar tempat wisata yang mengedukasi yang ada di Bandung, dan bisa memberikan anak banyak sekali pengalaman, ilmu serta informasi yang bermanfaat.

Farmhouse Lembang Bandung

Mencari wisata edukasi untuk anak di Bandung, bukanlah hal yang sulit. Karena di Bandung ada Farmhouse Lembang Bandung, disini anak-anak dijamin akan betah dan enggan untuk pulang. Farmhouse Lembang Bandung merupakan tempat wisata yang diresmikan sejak Desember 2015 lalu, dan tempat ini diminati oleh banyak orang. Di tempat ini anak-anak bisa merasakan sejuknya alam bagaikan di bumi Eropa. Selain cocok dijadikan tempat wisata edukasi untuk anak, tempat ini juga sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga besar saat hari libur.  Apalagi konsep dari tempat ini alami namun tetap modern, sehingga setiap pengunjung akan sangat nyaman untuk berada disini.

Asyiknya Liburan di Farmhouse Lembang, Tempat Wisata Ngehits Buat Keluarga  | tiket.com

Farmhouse Lembang Bandung masih satu tempat dengan De Ranch, Wisata Floating Market Lembang dan juga Rumah Sosis. Oleh sebab itulah sistem pembelian tiketnya sama dengan tempat wisata tersebut. Selain itu ketika kita membeli tiket di Farmhouse Lembang Bandung, setiap tiket yang kita beli tersebut bisa ditukarkan dengan 1 cup susu sapi atau sosis bakar. Disini anak-anak juga akan diperkenalkan dengan berbagai macam satwa seperti kelinci, burung, kambing dan lain sebagainya. Mengenalkan anak tentang hewan adalah sesuatu hal yang menyenangkan bagi mereka, karena dengan begitu mereka akan mendapatkan informasi baru yang akan mereka ingat hingga nanti. Tidak hanya mengenalkan jenis hewan saja, tapi wisata Farmhouse Lembang ini juga mengajarkan anak untuk menyayangi hewan dan melindungi hewan dari gangguan manusia yang tidak bertanggung jawab. Dengan begitu secara otomatis di dalam pikiran anak akan tertanam, jika menyayangi sesama makhluk adalah sesuatu hal yang penting. Kegiatan yang akan anak kalian lakukan adalah seperti berternak, berkebun, panen, bersepeda, memancing dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh anak-anak kalian. Tempat wisata ini buka pada pukul 09.00 sampai pukul 21.00.

 

Taman Bunga Begonia Lembang

Wisata yang cocok untuk anak selanjutnya adalah Taman Bunga Begonia Lembang. Taman ini resmi dibuka pada Januari 2014, dan taman ini berdiri diatas lahan kurang lebih sekitar 2 Hektar. Tempat ini juga menyediakan berbagai tanaman hias, baik untuk indoor maupun outdoor. Selain itu tanaman yang ada di Begonia Lembang ini mampu tumbuh di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Kita bisa mengajak anak-anak untuk berwisata ke Taman Bunga Begonia Lembang, karena taman ini bisa dijadikan sebuah media untuk anak-anak menggali sejumlah informasi mengenai tumbuhan.

Harga Tiket Masuk Taman Begonia Lembang [ UPDATE 2020 ]

Disini anak-anak bisa belajar mengenal jenis tanaman, dan juga manfaat dari tanaman tersebut bagi manusia. Selain itu anak-anak juga bisa belajar mengenal nama bunga-bunga yang ada disini. Bunga yang ada disini ada sangat banyak sekali, misalnya saja seperti  Bunga Balinea, Bunga Celosia, Bunga Cosmos, Bunga Dianthus, Bunga Gloxinia, Bunga Geranium, Bunga Gomphrena, Bunga Gypsophila, Bunga Helianthus, Bunga Melampodium, Bunga Impatiens, Bunga Marigold, Bunga Petunia,Bunga Salvia dan masih banyak bunga yang lainnya. Selain mengenal nama bunga, anak-anak juga bisa belajar bagaimana cara merawat tanaman yang baik dan benar. Mereka akan diajarkan bagaimana cara memberikan pupuk yang benar, berapa jumlah air yang diberikan pada tanaman dan lain sebagainya. Wisata edukasi Taman Bunga Begonia Lembang ini memberikan banyak sekali manfaat bagi anak-anak, bahkan tidak hanya anak-anak saja tapi juga kita sebagai orang dewasa. Intinya dengan mengajak anak kesini, kita bisa mengenalkan tentang seluk beluk tanaman dan cara perawatannya yang baik dan benar. Kegiatan yang bisa dilakukan anak kalian adalah berkebun, belajar untuk merawat tanaman, cara menanam tanaman dan masih ada banyak lagi. Tempat wisata ini buka pada pukul 08.00 hingga pukul 17.00

 

De Ranch

Wisata edukasi bersama anak selanjutnya adalah De Ranch, alias tempat wisata tunggang kuda. De Ranch resmi dibuka pada Desember 2007, dan sudah bisa dikunjungi saat itu juga. Tempat ini memiliki konsep American Cowboy, serta memadukan hal tersebut dengan alam yang asri di Bandung. Sang pemilik berharap jika pengunjung dapat merasakan betapa serunya menjadi seorang Cowboy ala Amerika. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa menunggang kuda di De Ranch ini, tapi anak-anak juga bisa merasakan serunya menjadi cowboy cilik.

De Ranch Lembang, Wisata Alam Ala Cowboy di Bandung - Java Travel

Disini kita bisa menggunakan kuda untuk berkeliling menjelajahi De Ranch. Selain itu kita juga akan menggunakan kostum ala cowboy, baik itu baju, sepatu cowboy, sepatu cowboy dan yang lainnya. Anak-anak juga bisa menunggangi kuda dengan berkeliling De Ranch, mereka bisa menunggang kuda sambil melewati peternakan sapi, perkebunan, peternakan kuda dan bahkan padang rumput. Dengan menunggang kuda, anak dapat belajar jika saling mengerti antar makhluk tuhan adalah hal yang penting. Anak-anak juga akan belajar untuk mengenal alam lebih jauh lagi, karena disini mereka akan bersentuhan langsung dengan alam. Selain mengenal alam lebih dekat, disini juga ada permainan Balon Air, Peti Luncur, Memancing Di Kolam dan lain sebagainya. Permainan-permainan yang ada disini juga mampu melatih kesabaran, ketangkasan, juga gerak motorik anak, misalnya saja dengan adanya kegiatan membuat kue khas De Ranch, memerah sapi, menunggang kuda dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah mengapa De Ranch menjadi pilihan wisata edukasi untuk anak yang tepat. Kegiatan yang akan dilakukan adalah berkuda, berkebun, merawat hewan, membuat kue De Ranch dan juga berternak. Wisata ini buka pada pukul 08.00 hingga pukul 17.00 dan buka dari hari selasa hingga minggu.

 

Padepokan Dayang Sumbi

Wisata edukasi yang selanjutnya adalah Padepokan Dayang Sumbi Bandung. Tempat wisata ini menyuguhkan wisata ilmu yang begitu menarik, dan bermanfaat bagi anak-anak maupun orang dewasa. Padepokan Dayang Sumbi sendiri berdiri pada tahun 2005, dan diprakarsai oleh Ir. Wibowo Moerdoko C.Text FTI (Alm.) Wisata ilmu ini sengaja dibangun untuk memajukan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai sutera. Disini kita bisa melihat langsung bagaimana bentuk ulat sutera, dan bagaimana cara merawat serta mengolahnya menjadi sebuah kain.

Learn all about silkworms at the Padepokan Dayang Sumbi | Bandung,  Silkworm, Vegetables

Padepokan Dayang Sumbi ini menyuguhkan berbagai macam kegiatan yang sangat bermanfaat. Ketika kita membawa anak-anak kesini, maka mereka akan belajar untuk mengenal apa itu ulat sutera. Bagaimana cara merawat dan memberi makan ulat, karena disini anak-anak akan diajarkan atau melihat langsung proses pemberian makan untuk ulat sutera. Selanjutnya mereka juga boleh menyentuh ulat sutera, tapi untuk ini harus didampingi oleh pengawas padepokan tersebut. Setelah mereka dikenalkan tentang ulat sutera, selanjutnya mereka akan dijelaskan tentang apa itu manfaat ulat sutera. Disini anak-anak akan ditunjukkan cara mengolah benang-benang sutera yang akan dijadikan sebuah kain dengan cara ditenun. Dengan mengajarkan anak tentang hal mengenai sutera, diharapkan mereka dapat menangkap informasi dan dapat mengembangkan budidaya ulat sutera di masa mendatang. Kegiatan yang akan dilakukan adalah mengenal ulat sutra, penenunan kain sutra, tangkap jangkrik, bermain dengan kelinci. Jam buka wisata ini pada sesi 1 pukul 09.00 – 11.00 / sesi 2 pukul 12.00 – 14.30.