Kota di Indonesia yang Menjadi Destinasi Study Tour Favorit

Study tour atau karya wisata merupakan salah satu kegiatan yang masih sering dilakukan berbagai tempat pendidik bagi kalangan anak-anak didiknya. Hal ini masih diberlangsungkan dengan maksud untuk dapat mengamati suatu objek yang sebelumnya pernah dipelajarinya di kelas dalam kondisi secara langsung. Tidak hanya saat masih berada di bangku sekolah saja, namun saat kuliah pun banyak mahasiswa sering mengikuti aneka kegiatan study tour yang diadakan tempat studinya baik itu yang dilakukan secara langsung ke lokasi-lokasi tertentu hingga yang berlaku melalui cara digital seperti mengamati informasi melalui siaran TV, acara streaming internet, dan lain-lain sebagainya.

Salah satu tingkah pendidikan yang terkenal cukup sering mengadakan aktivitas study tour ini seperti contohnya pelajar sekolah. Mulai dari sejak anak tersebut menginjak masa pendidikan dasar di sekolah (masa SD) ia sudah mulai diberikan aneka macam kegiatan study tour yang wajib untuk diikutinya saat anak tersebut berada dalam kondisi tubuh yang baik dan tidak sedang sakit. Hal ini dipercaya dapat memberi banyak manfaat selain dari sbobet88 online memberikan wawasan semata kepada para anak didik tersebut.

Namun selain dari acara resmi yang diadakan oleh tempat pendidikan seperti sekolah maupun universitas, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk kegiatan study tour ini baik itu secara pribadi, bersama orang tua, kerabat, hingga teman dekat. Banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi untuk melakukan kegiatan ini di wilayah Indonesia. Artikel di bawah ini akan membahas mengenai beberapa kota yang menjadi lokasi favorit untuk dikunjungi dalam keperluan study tour. Anda ingin tahu informasi lebih lanjutnya akan aneka tempat ini? Silahkan ikuti topik pembahasan pada artikel dibawah ini.

1. Denpasar

Denpasar merupakan sebuah kota dengan tempat wisata yang beragam. Denpasar yang berada di Bali ini memiliki banyak tempat wisata yang sangat kental akan nuansa budaya dan kepercayaan masyarakat setempat. Berbagai wilayah seperti pantai, pura, taman budaya, monumen, hingga masih banyak macam lainnya. Salah satu pantai yang terkenal dari kota ini adalah Pantai Sanur, dimana tempat ini populer akan keindahannya saat matahari sedang terbenam dan disaksikan dari tempat ini. Kota Denpasar juga memiliki sebuah museum yang cukup terkenal dengan nama Museum Bali yang merupakan tempat yang pas bagi para pelajar untuk dapat melihat aneka koleksi yang dipajang di museum tersebut. Isi dari museum ini terdiri dari hal-hal seputar peralatan dan perlengkapan hidup masyarakat di masa lalu, barang kesenian, keagamaan, hingga masih banyak jenis lainnya yang dapat disaksikan. Sehingga menjadi suatu hal yang sangat wajar jika kota Denpasar menjadi salah satu pilihan favorit untuk menjalankan kegiatan study tour.

2. Jogja

Daerah yang kedua tempat banyak terdapat tempat penyimpanan barang bersejarah yang menarik bagi kegiatan study tour adalah di Yogyakarta, Kota Jogja yang merupakan singkatannya, juga dikenal dengan nama kota pelajar ini memiliki banyak tempat wisata yang bersejarah tinggi. Beberapa contohnya seperti Monumen Jogja Kembali, Museum Benteng Vredeburg, hingga aneka macam museum yang memiliki nilai seni tinggi seperti contohnya Museum Affandi, Museum De Mata Trick Eye, dan masih banyak lainnya. Kota Jogja juga menawarkan banyak tempat yang cocok untuk membeli cinderamata sebagai kenang-kenangan seperti di Pasar Beringharjo, Malioboro, Mirota Batik, dan jenis-jenis lainnya. Maka dari itu kota Jogja sering menjadi pilihan favorit bagi kegiatan study tour.

3. Bandung

Kota yang satu ini mendapat julukan sebagai kota kembang. Kota ini terkenal memiliki banyak tempat yang menarik untuk bisa dikunjungi seperti salah satunya bagi kegiatan menongkrong. Beberapa kegiatan wisata sambil study tour bisa menjadi suatu kegiatan yang menarik bagi para siswa. Aneka tempat menarik bisa dikunjungi di kota ini seperti ke Museum Geologi, Museum IPTEK, Taman hutan Raya Dago, Gua Jepang, dan aneka macam lainnya. Tidak hanya sebatas tempat bersejarah, Bandung juga terdapat aneka tempat rekreasi menarik seperti ke air terjun, kolam renang, alun-alun kota, dan aneka jenis lainnya. Kegiatan mencari oleh-oleh juga dapat dilakukan seperti mencari makanan yang menjadi ciri khas Bandung di Cihampelas, atau mencari aneka pakaian berbahan dasar jeans dengan kualitas yang baik dengan harga yang menarik.

4. Batu

Kota Batu menjadi salah satu lokasi menarik untuk dikunjungi. Kota ini berada di sekitar 90 km dari kota Surabaya, tepatnya di arah barat dayanya. Kota ini sering dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil untuk daerah yang berada di pulau Jawa. Pada masa lalu bangsa Belanda pernah merasa kagum akan keindahan alam di kota ini. Kota Batu juga pernah disebut sebagai kota Apel karena wisata memetik apel menjadi salah satu kegiatan menarik dari para pengunjung saat sedang berwisata ke kota ini. Dalam skala pendidikannya, kota Batu juga memiliki satu tempat menarik untuk kunjungan dalam rangka study tour, yaitu ke sebuah wahana pendidikan yang terdapat di kota ini.

5. Jakarta

Jakarta yang dikenal menjadi ibu kota dari Indonesia merupakan sebuah kota yang menarik. Menjadi campuran diantara kota hiburan, wisata dan kota yang dapat dikunjungi sejarah dan budayanya. Sehingga kota ini kerap kali menjadi daya pikat bagi banyak pengunjungnya. Dalam hal lokasi menarik yang bisa dikunjungi untuk study tour, Jakarta juga memiliki banyak pilihan, seperti contohnya Planetarium Jakarta, Science Center TMII, Museum Fatahillah, dan aneka macam museum atau tempat jenis lainnya. Bagi kawasan tamannya, Jakarta juga memiliki banyak tempat wisata bernuansa alam seperti Taman Impian Jaya Ancol, Kepulauan Seribu, Pulau Tidung, dan lain-lainnya.

6. Semarang

Kota yang satu ini juga menjadi salah satu kota yang terkenal akan aneka bangunan tua dan bersejarah. Beberapa tempat yang terkenal seperti Lawang Sewu, Museum Kereta Api Ambarawa, Museum Jamu, Museum Perkembangan Islam, serta masih banyak museum jenis lainnya. Kota Semarang juga terkenal akan banyak macam tempat religinya yang cukup beragam seperti masjid, pura, candi, serta klenteng. Hal ini membuat kunjungan ke Semarang bisa sekaligus mempelajari faktor sejarah serta budaya keberagaman agama yang pernah berkembang di kota ini.

7. Solo

Dan untuk kota yang terakhir, kota Solo yang menjadi suatu bentuk kota kerajaan kuno yang dipimpin oleh seorang Sultan. Keraton Kesultanan Surakarta Hadiningrat menjadi simbol dari kota Solo ini yang menjadikan tempat ini menarik bagi para turisnya. Kota ini juga memiliki tempat bernuansa tradisional yang terkenal seperti Museum Batik dan Kampung Batik. Prose pembelajaran anek macam informasi seputar Batik dapat dilaksanakan di tempat ini. Bila ingin membeli batik, salah satu tempat yang menarik seperti di Pasar Klewer. Tempat ini bahkan tidak hanya menyediakan batik saja, namun juga aneka macam kain lainnya dengan harga yang bersahabat. Berikut gambaran 7 macam tempat yang dapat dikunjungi untuk melakukan study tour menarik yang pastinya seru di daerah Indonesia. Pernahkah anda mengunjungi salah satu tempat wisata menarik di atas?