Liburan musim ini tentunya akan menjadi sebuah hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena pandemi Coron yang masih merebak di berbagai negara. Meski demikian, bukan berarti anda dan keluarga sama sekali tidak bisa berpergian. Masih ada cara untuk bisa berlibur dengan aman dan menyenangkan. Banyak keluarga yang sekarang ini tidak ingin berurusan dengan hal-hal yang tidak diketahui dan direpotkan karena perubahan atau karena adanya batasan penerbangan maskapai yang di sebabkan wabah Covid-19. Sebaliknya, ada beberapa yang memilih untuk liburan dengan melakukan perjalan darat. Dengan melakukan sebuah perjalanan dan mengikuti semua pedoman, anda dan keluarga akan tetap bisa menikmati liburan yang menyenangkan.

Tips Wisata Bareng Anak Saat Pandemi

Mengajak anak berlibur dengan perjalanan darat, seperti pergi ke pantai atau ke pegunungan. Selain itu, taman nasional juga jadi rekomendasi karena tidak banyak wisatawan internasional yang pergi kesana. Selain itu, tentunya anda harus memperhatikan beberapa hal lain sebelum merencanakan liburan dengan keluarga agar aman selama pandemi corona.

Sudah banyak sekarang ini wisata dalam negeri yang bisa anda dan keluarga kunjungi untuk berlibur saat pandemi. Namun, untuk bisa tetap aman dan juga meminimalkan risiko sakit atau juga tertular, perlu adanya sejumlah langkah yang anda dan keluarga lakukan untuk bisa menjaga anak-anak anda nantinya. Tips dan panduan liburan bersama pada saat pandemi yang bisa anda ikuti.

Menyewa penginapan

Saat ini pastinya banyak aplikasi untuk menemukan berbagai macam tempat sewa penginapan saat liburan. Pastikan nanti penginapan yang akan anda sewa sudah memiliki aturan kesehatan yang cukup ketat terkait wabah COVID-19. Penginapan yang baik biasanya juga sudah menerapkan protokol pembersihan untuk dapat pencegahan Corona. Namun anda juga perlu memastikannya dengan menghubungi manajemen pusat penginapan tersebut.

Selain itu, perlu jika diingat begitu anda nantinya tiba di tempat persewaan, bersihkan dengan menggunakan desinfektan semua permukaannya. Seperti gagang pintu, saklar lampu, meja, telepon, remote control, wastafel, toilet dan faucet. Cuci piring, gelas, cangkir, dan juga peralatan makan sebelum nantinya digunakan. Hal ini juga seperti saran yang diberikan oleh Darren Hudema, WLS, Direktur Pelatihan dan Layanan Teknis di PuroClean.

Pilih wisata yang tepat misalnya Berkemah di alam

Hampir sepertiga wisatawan pastinya akan tertarik untuk melakukan sebuah perjalanan berkemah pertama yang akan di lakukan di musim panas ini. Ingat juga untuk anda mungkin harus menggunakan toilet umum di lokasi berkemah, jadi nanti anda harus membawa beberapa perlengkapan pembersih saat anda berkunjung.

Berkemah juga tidak harus melakukan trekking lintas alam ke daerah terpencil yang cukup jauh. Kemungkinan ada banyak sekali perkemahan dan taman yang cukup indah dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda nantinya. Disarankan juga untuk anda agar dapat memeriksa area lokal terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk berkemah. Dan pastikan juga area tersebut aman untuk anak-anak.

Jelajahi taman nasional

Area taman nasional yang begitu luas dan juga asri. Dengan terbatasnya penerbangan yang ada, turis dari luar negeri pun juga tidak terlalu ramai mengunjungi taman nasional sehingga lebih sepi dan akan terasa lebih aman daripada anda harus berwisata di tempat yang ramai.

Pastikan tempat liburan memiliki protokol kesehatan

Banyak sekarang ini resor yang juga telah melaksanakan protokol kesehatan dan juga melakukan langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan. Cari tahu tentang informasi dari lokasi dan juga tempat tersebut tentang tindakan mereka untuk dapat melindungi tamu dan staf. Untuk memastikan lagi, hubungi hotel anda dan tanyakan tentang praktik mereka. Tips lainnya, anda juga bisa meminta untuk ditempatkan di ruangan yang telah kosong atau setidaknya belum digunakan kembali selama 24 jam.

Menurut beberapa pakar kesehatan, beberapa protokol kesehatan yang harus diperhatikan di hotel pilihan anda dan keluarga, yakni pembersihan yang ditingkatkan di dalam area umum, termasuk seperti lift atau tangga dan pintu. Penekanan jarak sosial di lobi serta meja resepsionis, penggunaan masker wajah untuk semua staf dan juga tamu. Perhatikan bahwa beberapa resort ternyata belum memiliki restoran atau layanan kamar yang juga berfungsi penuh, jadi anda mungkin akan membeli beberapa makan secara terpisah.

Pelajari aturan di setiap negara bagian

Tak seorang pun, terutama orang tua dengan anak kecil, yang ingin pergi berlibur untuk menghabiskan seluruh waktunya dengan duduk diam saja di dalam kamar hotel. Itulah mengapa penting untuk memeriksa setiap aturan negara bagian sebelum anda mulai merencanakan liburan bersama keluarga. Anda mungkin tidak bisa begitu saja naik mobil dan kemudian pergi ke Maine atau Massachusetts seperti saat musim panas tahun lalu. Ada karantina selama dua minggu yang berlaku untuk para pengunjung yang berasal dari luar negara bagian. Sebelum Anda pergi ke mana pun jika nantinya Anda akan keluar dari negara bagian, periksa semua aturan dan regulasi terbaru.

Ketahui perlengkapan yang harus dibawa

Untuk liburan musim ini karena anda dan keluarga pergi di suasana yang berbeda, maka siapkan berbagai persediaan seperti pembersih sehingga nantinya saat di lokasi liburan anda bisa memberiksahkan lagi rungan atau mendisinfeksinya sebelum digunakan oleh keluarga.

Bawa juga beberapa tisu untuk desinfektan, dan handuk kertas untuk persediaan anda nantinya selama di mobil. Jangan lupa masker wajah untuk setiap anggota keluarga anda, karena hampir seluruh tempat wisata sekarang tidak mengizinkan kita masuk jika nantinya tidak menggunakan masker. Disarankan juga untuk anda membawa sarung tangan.

Selain itu, beberapa negara bagian juga memiliki batasan dalam penjualan makanan yang ada di area istirahat. Jadi ide baik untuk anda membawa banyak makanan selama petualangan anda, hal ini juga untuk mengurangi pemberhentian dan juga risiko anda dan keluarga terpapar. Untuk pencegahan lainnya, anda juga bisa membawa termometer serta obat-obatan lain.

Mengunjungi destinasi wisata alam

Mengunjungi sebuah destinasi wisata indoor sangat tidak disarankan di saat ini, karena sifat virus tersebut bisa terbang di udara di dalam partikel kecil. Karena itu pemerintah baru memberikan beberapa rekomendasi destinasi wisata outdoor yang sudah diizinkan buka saat ini.

Dengan situasi sekarang ini, akan lebih baik bila anda menyusun agenda liburan bersama dengan anak ke tempat wisata alam. Bahkan, jika memungkinkan, anda dapat camping dan menyatu dengan alam, baik dengan tenda, ataupun dapat mencoba glamping. Dengan begitu, si kecil juga jadi tahu cara mengenal alam, menghargainya dan juga anda bisa tetap aman dan nyaman berwisata.

Demikian itulah beberapa hal yang nantinya harus anda dan keluarga perhatikan dan persiapkan selama berlibur di saat pandemi seperti sekarang ini. Banyak hal yang harus anda perhatikan terutama tentang kebersihan, jangan sampai anda dan keluarga malah terpapar saat liburan. Namun, saat kondisi seperti sekarang ini cara terbaik adalah dengan berdiam diri dirumah agar nantinya tidak terpapar.